www.de.wikipedia.org

www.de.wikipedia.org

Paru-paru kota Berlin di distrik Wedding tercatat bukan hanya sebagai taman kota. Volkspark Humboldthain juga merupakan situs sejarah penting, memorial dari Perang Dunia II. Berada di sana seperti mendapat paket two in one, menikmati kedamaian alam sekaligus wisata sejarah.

www.panoramio.com

www.panoramio.com

Pembangunan Volkspark pertama kali dimulai pada 14 September 1869 dalam rangka ulang tahun Alexander von Humboldt yang ke 100. Ia merupakan seorang ilmuwan, ahli geografi, dan penjelajah alam asal Jerman yang hidup pada asa kerajaan Prussia. Taman ini baru rampung pada tahun 1876. Fitur paling populer dari Volkspark Humboldthain adalah menara bunker yang menjulang di atas pepohonan taman. Pada masa Perang Duna II, dibangun sebuah bunker di Volkspark yang menjadi tempat perlindungan dari 10.000 orang. Bunker tersebut memiliki dua menara anti serangan udara. Menara ini memiliki fondasi setebal 2,5 meter dan dindingnya 3,5 meter sebagai bentuk pertahanan.

Setelah perang berakhir, menara di bagian selatan taman hancur diledakkan sekutu. Puing-puing yang tersisa membentuk bukit yang pada musim dingin bisa digunakan sebagai arena seluncuran oleh warga Berlin. Dari bukit setinggi 85 meter dan disebut Humboldthöhe itu dapat terlihat pemandangan indah kota Berlin. Sedangkan menara bagian utara hanya hancur sebagian. Hal tersebut diduga akibat lemahnya bahan peledak yang digunakan Perancis, tetapi sebagain pun mengatakan karena lokasinya berada terlalu dekat dengan stasiun kereta. Bangunan penangkal serangan udara tersebut kini berada dibawah asuhan Alpine’s Club (DAV) dan digunakan untuk kegiatan panjat dinding. Terasnya bahkan menjadi viewpoint terbaik ke seluruh area Volkspark dan kota Berlin. Pengunjung dapat melakukan tur bunker dan menara bersama Berliner Unterwelter e.V. pada bulan April – Oktober. Tur ditutup selama musim dingin karena terdapat 250 kelelawar dari 6 spesies berhibernasi di sana.

www.be-my-guest.com

www.be-my-guest.com

Taman seluas 29 hektar ini tentu saja tidak melulu soal menara bunker. Pepohonan rimbunnya menjadi pelindung sengatan matahari bagi Anda yang ingin jalan-jalan menikmati suasana alam. Taman ini juga difasilitasi dengan jalur sepeda, taman bunga mawar, arena bermain, hingga sebuah kolam renang umum. Berliner Bäder Betriebe menyediakan kolam renang outdoor untuk musim panas dan indoor dengan tiket masuk seharga €5,50. Volkspark Humboldthain tidak diberi penerangan atau lampu, meskipun bisa diakses 24 jam.

taman sekaligus situs bersejarah ini dapat dicapai menggunakan kereta komuter S1 atau S2 menuju Humboldthain. Alternatif lain adalah naik S4, S8, S25, atau subway U8 dan turun di pemberhentian Gesundbrunnen.

Selama di Berlin Anda dapat menginap di Axel Hotel Berlin, Park Inn By Radisson Berlin Alexanderplatz, atau Hotel Q! Berlin. Destinasi menarik lainnya adalah Nordbahhof, Flöhmarkt, Gendarmenmarkt, dan tak lupa mencicipi käsespätzle.

Lokasi Volkspark Humboldthain

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • taman mawar berlin
  • volkspark belanda

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,