www.justjamminart.blogspot.com

www.justjamminart.blogspot.com

Saat bertandang ke Berlin, jangan lupa untuk berfoto di Glienicke Brücke. Penampakannya mungkin tak seindah jembatan terkenal lain di Jerman seperti Hohenzollern Brücke di Köln atau Altebrücke di Heidelberg. Jembatan yang menghubungkan Berlin dan Potsdam ini adalah salah satu monumen sejarah penting di Jerman.

www.yovisto.blogspot.com

www.yovisto.blogspot.com

Cikal bakal Glienicke Brücke berasal dari sebuah jembatan kayu yang dibangun sekitar tahun 1660. Setelah Perang Tiga Puluh Tahun (1616 – 1648) berakhir, seluruh akses perdagangan menuju daerah di seberang Sungai Havel terputus sehingga membuatnya menjadi terisolir. Kemudian Putera Mahkota Friedrich Wilhelm menemukan dan membangun daerah baru bernama Potsdam lengkap dengan pembangunan jembatan. Sesuai dengan perubahan zaman dan meningkatnya populasi membuat jembatan kayu tersebut direnovasi berulang kali. Hingga saat masuk era industrialisasi bahan kayu pun mulai digantikan dengan material besi dan baja. Desainnya dibuat oleh Karl Friedrich Schinkel, namun rancangannya tersebut tak mampu bertahan lama karena semakin ramainya kendaraan yang melaluinya. Hingga tahun 1904 pemerintah Prussia memutuskan Johann Caspar Harkort sebagai pemenang desain jembatan baru. Tahun 1907 diresmikanlah Glienicke Brücke yang bertahan hingga saat ini.

www.joepwritesthehistoryofberlin.wordpress.com

www.joepwritesthehistoryofberlin.wordpress.com

Jembatan Glienicke memanjang di atas Sungai Havel yang menyempit ke arah danau Tiefernsee. Pagar besi yang melengkung di kanan kiri sebagai penahan angin itu menjadi saksi dimana waktu pun mengeras di sana. Tentara Amerika berlalu lalang di tempat itu sebagai jalur penghubung Berlin dan jaringan militernya di bagian timur, yaitu Potsdam. Namun begitu Perang Dingin mencuat, jembatan menjadi terlarang baik untuk warga Berlin Barat dan Jerman Barat, maupun Berlin serta Jerman Timur. Kemudian Glienicke terkenal dengan julukan sebagai bridge of spies. Hal tersebut karena pada masa kelam Jerman pasca Perang Dunia II, pihak Sekutu dan Uni Soviet kerap melakukan pertemuan di sana guna menukar tawanan. Sebanyak 27 agen rahasia dibebaskan. Mereka adalah empat agen rahasia dari Eropa Timur yang dipenjarakan pihak barat dan 23 mata-mata Amerika Serikat yang ditahan Uni Soviet. Peristiwa bersejarah tersebut melambungkan nama Glienicke Brücke dan menjadi daya tarik bagi wisatawan pecinta sejarah.

Dengan pemandangan indah Sungai Havel, Wannsee, dan pepohonan pinus disekitarnya menjadikan spot itu cocok untuk berselfie ria. Pengunjung dapat menjangkaunya dengan naik kereta S-Bahn 7 dari Berlin menuju Wannsee.

Selama berlibur Anda dapat menginap di Seminaris Seehotel Potsdam, Mercure Hotel Berlin an der Charite, atau Holiday Inn ExpressBerlin City Center West. Tempat menarik lainnya adalah Glienicke Schloss, Berliner Dom, dan Tebing Loreley.

Lokasi Glienicke Bridge

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Jembatan glienicke

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,