www.glasspilgrim.blogspot.com

www.glasspilgrim.blogspot.com

Raja Agung dari Prussia, Friedrich II, hanya ingin menjadi manusia biasa. Para sejarawan menyebutnya sebagai prajurit yang romantis. Ia banyak memenangkan peperangan, tetapi juga memiliki sisi sentimentil yang tercermin pada istananya, Sanssouci.

www.theshellmeister.wordpress.com

www.theshellmeister.wordpress.com

Friedrich II der Groβe membuat taman terasering untuk budidaya buah anggur, prem, dan ara. Tetapi setelah melihat pemandangan yang luar biasa indah, sang Raja Agung dari Prussia ini memutuskan untuk membangun sebuah istana di atas bukit. Dengan bantuan arsitek Georg W. Knobelsdorff, ia membangun istana indah bergaya arsitektur rokoko tahun 1745-1747. Istana yang menghadap langsung ke taman terasering itu disebut dengan Sanssouci. Diambil dari bahasa Perancis Sans Souci yang secara harfiah berarti “tidak perduli”. Maksudnya adalah bebas tanpa kekhawatiran, sesuai dengan fungsi istana sebagai tempat peristirahatan sang raja, bukan sebagai gedung pemerintahan. Meski sederhana dan hanya memiliki 12 kamar, di sana Friedrich II menenangkan pikiran pada masa-masa sulit, menghabiskan waktu luang bersama anjing peliharaanya, dan bermain flute serta mengaransemen musik. Der Alte Fritz –julukan Friedrich II– berwasiat bahwa Ia pun ingin dikuburkan di istananya tersebut.

Keinginan Friedrich der Groβe baru terpenuhi setelah Jerman bersatu. Tahun 1991, tepat pada peringatan 205 tahun kematiannya, makam sang Raja Agung dipindahkan ke puncak bukit dan menghadap langsung ke taman yang indah di lereng bukit. Taman seluas 290 hektar itu memiliki beberapa kebun buah-buahan, sayuran, serta bunga. Sekitar 3000 pohon buah ditanam di sana, dihiasi pula dengan beberapa air mancur dan yang terbesar ada di depan istana Sanssouci dengan tingginya mencapai 18 meter. Taman Sanssouci merupakan yang terbesar di negara bagian Brandenburg dengan jalan sepanjang 70 km.

www.panoramio.com

www.panoramio.com

Salah satu ruangan paling impresif di istana sang Raja Agung adalah aula berhiaskan marmer putih dan emas yang terinspirasi dari Pantheon di Roma. Terpajang pula lukisan-lukisan karya seniman favorit Friedrich, Antoine Watteau, kemudian terdapat Kamar Voltaire yang memiliki ukiran cantik berbentuk burung, bunga, dan buah-buahan. Tempat peristirahatan Friedrich II ini ditemani oleh bangunan lain yang jauh lebih megah, seperti Neues Palais yang dibangun sebagai peringatan Perang Tujuh Tahun dan simbol kebesaran Prussia.  Kemudian terdapat galeri seni yang disebut Orangery, ruang pelayan yang nampak bagai istana disebut dengan Communs Building, hingga Chinese Tea House, dan Drachenhaus.

Sanssouci terletak di Maulbeerallee, Potsdam, tak jauh dari Berlin. Istana dapat dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu. Pada bulan April – Oktober, Sanssouci beroperasi pukul 10.00 – 18.00, sedangkan November hingga Maret publik hanya boleh berkunjung hingga pukul 17.00. Harga tiket masuknya berkisar €12 yang bisa dipesan via online.

Sanssouci dapat dicapai menggunakan bus 612, 614, 650, 695, atau X15 menuju Potsdam, Schloss Sanssouci. Keberangkatan dari Berlin bisa dilakukan menuju Stasiun Potsdam dengan naik kereta regional RE1 atau kereta komuter S7 dan dilanjutkan dengan bus tersebut di atas.

Selama di Postdam Anda dapat menginap di Anno 1900 Hotel Babelsberg, Best Western Parkhotel Potsdam, atau Apart Hotel Vivaldi. Destinasi menarik lainnya adalah Berliner Dom, Charlottenburg, dan Neuschwanstein.

Lokasi Sanssouci

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • istana sanssouci
  • istana sanssouci jerman
  • wisata schloss sanssouci
  • friedrich agung
  • sejarah sanoucci jerman
  • sejarah friedrich yang agung
  • sejarah charlotten dan friedrich
  • sanssouci sejarah
  • taman terasiring sanssouci schloss
  • sang raja agung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,