Foto: www.informationng.com

Foto: www.informationng.com

Olympiastadion atau Olympic Arena adalah pusat acara-acara akbar kota Berlin. Dari mulai pertandingan olahraga hingga pagelaran musik kerap diselenggarakan di sana. Tempat tersebut juga menjadi home ground klub Bundesliga Hertha Berlin. Pusat hiburan tersebut pun merupakan salah satu monumen sejarah penting di Berlin.

Foto: www.globeimages.net

Foto: www.globeimages.net

Pembangunan markas Hertha Berlin ini dimulai sekitar tahun 1934 – 1936 sebagai tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin. Olympic Arena Berlin menjadi proyek mega-asitektur perdana Adolf Hitler yang baru saja naik takhta menjadi Kanselir Jerman. Sang diktator Jerman itu pun mengambil kesempatan untuk menunjukan propaganda Partai Nasional Sosialis Jerman pada dunia. Selama berlangsungnya Olimpiade, tanda-tanda yang melarang orang Yahudi untuk duduk di bangku taman dihilangkan. Reichsportfeld –julukan Olympiastadion– juga dilengkapi dengan gelanggang renang, bowling, lapangan hoki, arena gymnastic, lapangan atletik, dan panggung outdoor yang disebut Waldbühne.

Renovasi selama 4 tahun telah mengubah Olympiastadium menjadi salah satu arena olahraga terbaik. Stadion multifungsi ini mampu menampung sebanyak 74.450 penonton dengan bangku-bangku mengelilingi lapangan bermain dan dilengkapi atap. Pasca renovasi, level lapangan bermain direndahkan 2,65 meter dengan tujuan penonton menjadi lebih nyaman menyaksikan pertandingan. Bentuknya yang bulat, kemiringan bangku penonton, serta rendahnya lapangan Olympiastadion menyerupai gaya amphitheater Romawi. Namun karena juga berfungsi sebagai monumen sejarah, pemerintah tidak terlalu banyak merubah tampilan mega-proyeknya Hitler ini. Sehingga ketika memasuki tempat tersebut pengunjung masih dapat merasakan jejak-jejak Nazi di sana, bahkan banyak pengunjung yang selalu bertanya di mana tempat duduk Adolf Hitler.

Foto: www.reiseberichte-bilder.de

Foto: www.reiseberichte-bilder.de

Festival Jerman Gymnastic Internasional pada tahun 2005 diselenggarakan di Reichsportfeld dan menyedot lebih dari 100.000 penonton. Begitu pun dengan kejuaraan dunia baseball yang memecahkan rekor hingga 110.000 spektator. Stadion Olympia juga tuan rumah dari 3 pertandingan kualifikasi grup Piala Dunia 1974. Lalu ketika Piala Dunia 2006 menjadi saksi bisu tandukan Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi di partai final Italia vs Perancis yang berakhir draw dan berujung pada kemenangan Italia lewat adu penalti. Final Liga Champions 2015 akan menjadi ajang Piala Eropa pertama yang digelar di Olympiastadion.

Kita dapat melakukan tur monumen sejarah ini setiap hari, kecuali pada saat match day-nya Hertha Berlin. Olympiastadion beroperasi pukul 9.00 – 19.00 atau pukul 10.00 – 16.00 saat musim dingin. Harga tiket yang harus dibayarkan sebesar €7. Untuk menuju ke sana Anda dapat menggunakan metro U2, U12, atau kereta komuter S5, atau S75 dan berhenti di Stasiun Olympiastadion.

Sebagai tempat beristirahat Anda dapat menginap di Melia Berlin Hotel, Park Inn Berlin City West, atau Holiday Inn Mitte Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah Signal Iduna Park, Nordbahnhof, dan Imtech Arena.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Stadion berlin
  • Stadion Olimpiade Berlin
  • Stadion berlin jerman
  • stadion berlin arena
  • stadium berlin
  • stadion olympic berlin
  • gambar stadion berlin
  • berlin stadion
  • Sejarah stadion berlin
  • foto stadion berlin

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,