www.kayniscornercafe.blogspot.com

www.kayniscornercafe.blogspot.com

Ibu kota negara bagian Brandenburg, Potsdam, layaknya komplek warisan dunia. Lanskap yang indah ditemani kastil-kasti anggun peninggalan leluhur. Diantaranya adalah Cecilienhof, saksi bisu peristiwa penting di bumi Prussia.

wwii-letters-to-wilma.blogspot.com

wwii-letters-to-wilma.blogspot.com

Schloss Cecilienhof merupakan istana terakhir yang dibangun Dinasti Hohenzollern. Mereka merajai Jerman dan Prussia hingga awal abad 20. Raja Prusia saat itu, Friedrich Wilhelm II memerintahkan pembangunan sebuah istana baru di utara Neuer Garten, dekat dengan danau Jungfernsee. Titah raja terlaksana tahun 1914 – 1917, pembangunan tersebut tak lain adalah untuk tempat tinggal puteranya, Wilhelm. Istana kemudian diberi nama sesuai dengan nama istri pangeran mahkota, yaitu Cecilie von Mecklenburg-Schwerin. Setelah Perang Dunia I dan Hohenzollern turun tahta, mereka menyerahkan hampir semua aset kepada Jerman. Wilhelm beserta istri dan keenam anaknya menetap di Cecilienhof. Ketika Tentara Merah bergerak menuju Berlin pasca Perang Dunia II, keluarga ini pun meninggalkan Potsdam.

Tak hanya saksi bisu dari dinasti Hohenzollern, Cecilienhof juga situs bersejarah dari peristiwa Konferensi Potsdam yang dilakukan pihak Amerika, Inggris, serta Uni Soviet. Tiga kekuatan Perang Dunia II yang diwakili Thurman, Churchill, dan Stalin berunding di eks-kediaman Hohenzollern tentang pembagian Jerman dan wilayah-wilayah lain di Eropa serta Asia.

www.fotopedia.com

www.fotopedia.com

Ceilienhof kini merupakan sebuah museum juga merangkap sebuah hotel Relexa Schlosshotel Cecilienhof Potsdam. Bangunan ini tidak seperti istana Prusia pada umumnya, cenderung lebih seperti rumah peristirahatan di pedesaan Inggris. Sang arsitek, Paul Schultze-Naumburg, merancangnya dengan gaya tudor dengan fitur arsitektur rumah kayu khas Jerman. Meski kebanyakan furnitur sudah semakin modern sesuai kebutuhan hotel, namun Cecilienhof tetap menyisakan sisi klasiknya sebagai kediaman bangsawan Hohenzollern. Hotel bintang empat ini tetap nampak bagaikan rumah, tanpa koneksi internet maupun penjaga di depan pintu yang menyambut kedatangan tamu. Wisatawan dapat mengunjungi bagian museum yang memamerkan ruang kerja dan ruang Konferensi Potsdam.

Museum Cecilienhof dapat dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu, pukul 10.00 – 17.00 di bulan November sampai Maret. Sedangkan sepanjang April – Oktober, situs bersejarah itu beroperasi hingga pukul 18.00. Harga tiket yang harus dibayar untuk memasuki museum sebesar €6. Tempat ini mudah dicapai dengan menggunakan bus 603 menuju Schloss Cecilienhof.

Selama di berlibur di Potsdam Anda dapat menginap di Romantik Hotel Am Jagertor, Seminaris Seehotel Potsdam, atau Kongresshotel Potsdam am Templiner See. Destinasi menarik lainnya adalah Dutch Quarter, Weissensee, dan Berlinale.

Peta Cecilienhof

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • wisata ke Berlin
  • ikon jerman
  • ikon kota potsdam
  • menyusuri jejak sejarah
  • pembangunan priok th 1914-1917
  • peninggalan jerman timur
  • ruangan kastil sch werin
  • Schloss Cecilienhof di jerman
  • tentang istana cecilienhof

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,