Grosser Garten

www.panoramio.com

Di ibukota negara bagian Sachsen, Dresden, seni dan kultur pertamanan merupakan tradisi yang telah mengakar sejak berabad-abad lamanya. Tidak terlalu jauh dari pusat wisata lainnya di sekitar Altstadt, terletak Grosser Garten yang termasuk salah satu kompleks taman terpenting di Eropa.

Grosser Garten

www.oly-forum.com

Grosser Garten adalah taman terindah dan terluas di Dresden dengan area seluas 147 hektar. Johann Georg III memerintahkan pembuatan area hijau di depan benteng kota pada tahun 1676, kemudian taman berbentuk persegi panjang itu rampung dalam balutan gaya barok pada tahun 1683 lengkap dengan bangunan istana musim panas (Sommerpalais). Taman yang merepresentasikan para bangsawan Sachsen ini dibuka untuk publik pada tahun 1814. Jalan setapak serta jalan-jalan besar dibangung secara simetris di seluruh area. Hingga saat ini Grosser Garten adalah tempat favorit para penduduk Dresden untuk rekreasi. Setiap tahunnya beragam acara menarik mengambil tempat di taman bersejarah tersebut, mulai dari festival kebudayaan, konser musik, serta pagelaran seni lainnya. Pertunjukan kembang api adalah yang paling dinanti saat musim panas tiba. Selain Sommerpalais, terdapat fitur menarik lain banyak ditambahkan pada abad 19.

Pengunjung Grosser Garten dapat menikmati berjalan kaki, bersepeda, ataupun jogging dibawah rindang pepohonan. Sekitar taman pun banyak dihiasi padang rumput untuk berjemur, main bola, atau piknik bersama kerabat dan keluarga. Ada pula danau buatan, sungai kecil, hingga petak-petak bunga yang indah. Seluruh pengunjung dihimbau untuk tidak menyentuh apalagi menginjak taman bunga dan hanya diperbolehkan berjalan di padang rumput atau jalan yang sudah disediakan. Di tepi Grosser Garten pengunjung dapat menjumpai lebih 10.000 spesies tumbuhan yang ditanam di Botanischer Garten atau Taman Botani Dresden.

Grosser Garten

www.dresden-fernsehen.de

Di dalam Grosser Garten juga terdapat Zoo Dresden yang dibuka sejak tahun 1861 dan membuatnya menjadi kebun binatang tertua keempat di Jerman. Di area seluas 13 hektar tersebut hidup sekitar 3.000 binatang dari 400 spesies berbeda. Untuk masuk kebun binatang Dresden ini Anda harus membayar tiket sebesar €12 per orang dewasa dan €4 untuk anak-anak berusia 3 hingga 16 tahun. Fitur lain yang dapat pengunjung nikmati adalah Parkeisenbar, yaitu kereta lokomotif sebagai sarana transportasi berkeliling Grosser Garten. Kereta ini memiliki 5 stasiun dalam taman dimana pengunjung akan dikenakan tarif €1 per stasiun. Artinya jika ingin berkereta dari Stasiun 1 hinga Stasiun 5 maka harus membayar €5. Panjang jalurnya mencapai 5,6 km dan kita dapat melihat sebagian besar sektor taman tanpa berjalan kaki. Bangunan teranyar di Grosser Garten adalah Gläserne Manufaktur atau Transparent Factory yang dibuka pada tahun 2002. Tempat tersebut merupakan milik Volkswagen (VW) yang digunakan sebagai lokasi perakitan terakhir dari VW Phaeton dan Bentley Continental Flying Spur.

Berjalan-jalan di Grosser Garten dan mengunjungi Taman Botani sama sekali tidak dipungut biaya. Tempat tersebut pun terbuka untuk umum sepanjang tahun. Dari pusat kota sebetulnya Grosser Garten dapat dicapai dalam waktu 15 hingga 20 menit berjalan kaki. Alternatif lain adalah dengan naik transportasi umum seperti trem S1, S2, S4, S9, S10, S11, S12, S13, atau bus  63, 61, 75, dan 85.

Selama di Dresden Anda dapat menginap di Artis Suite Hotel, Hotel Burgk, atau Villa Noble. Tempat menarik lainnya adalah Kunsthofpassage, Köln-Schokoladenmuseum, dan Holländisches Viertel.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kembang api di jerman saat musim panas

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,