Kunsthofpassage

www.geolocation.ws

Dresden lebih dikenal sebagai kota dengan koleksi arsitektur barok terbaik dunia. Namun tak hanya kawasan Altstadt (kota tua) yang memesona, bagian lain dari ibukota Sachsen ini pun tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Saat di Altstadt mata wisatwan akan dimanjakan dengan sederet karya arsitektur barok warisan abad pertengahan yang sangat memukau. Namun ketika berkunjung ke kawasan Neustadt (kota baru) nuansa Dresden berubah lebih kekinian serta funky. Di distrik kota baru terdapat sebuah gang artistik yang membentang dari Jalan Alaunstrasse 70 hingga Görlitzer Strasse 21-25. Saking nyeni-nya tempat tersebut diberi nama Kunsthofpassage yang berarti ‘gang seniman’. Kunsthofpassage terdiri dari lima halaman kecil yang dirubah menjadi sebuah eksperimen seni bernama “Gingko Project”.

Kunsthofpassage

www.homedsgn.com

Proyek tersebut dikerjakan oleh sekelompok seniman, mulai dari desainer hingga pemahat, dan memberi sentuhan seni mereka pada eksterior gedung-gedung tua dengan tema dan motif tertentu. Gingko Project itu baru sepenuhnya rampung pada tahun 2001 silam dan kini menjadi salah satu atraksi menarik di Dresden.

Dari lima halaman tematik di Kunsthofpassage, Hof der Elemente adalah yang paling populer dan sering menjadi objek foto para wisatawan. Bangunan di sana dicat berwarna biru dan dindingnya dihiasi pipa saluran air terbuat dari logam dan berbentuk unik. Ada yang berbentuk corong juga terompet. Pada musim hujan sistem saluran air unik ini membentuk alunan musik yang indah. Hof des Licht merupakan halaman yang tak kalah menarik dari Hof der Elemente dan mengusung tema cahaya (Licht). Bagian eksterior didominasi warna kuning dengan jendela-jendela kecil cokelat muda. Pada dindingnya menempel cermin-cermin logam kecil yang menghasilkan beragam refleksi, tergantung pada sinar matahari.

Kunsthofpassage

www.recorriendoap.blogspot.com

Halaman unik lainnya adalah Hof der Tiere dengan bangunan berwarna hijau dan sangat kontras adalah balkonnya berwarna cokelat tua. Dalam bahasa Jerman Tiere berarti ‘binatang’, sehingga eksteriornya berhiaskan gambar jerapah yang mendongak melihat ke arah para monyet di atas kepalanya yang berayun dari jendela ke jendela. Kemudian ada Hof der Fabelwessen yang sangat berwarna-warni sehingga memuaskan aspek estetika. Desain di dinding mengkombinasikan teknik mosaik dan sgraffito. Gambar – gambar tersebut secara simbolis merepresentasikan kehidupan. Terakhir adalah Hof der Metamorphosen yang tak terlalu mencolok. Pilar logam setinggi 15 meter menempel pada dinding bangunan dan di permukaan pilar yang melengkung itu terdapat serat optik yang dapat menyala pada malam hari. Pada pilar tersebut terikat tali sebagai tempat tumbuhan rambat dan di eksterior bangunan bercat putih menempel 24 jenis kertas yang sudah dicelupkan dalam minyak bebijian. Rumah-rumah di Kunsthofpassage umumnya dijadikan café, restoran, toko suvenir, toko bunga, hingga toko kerajinan tangan.

Tempat ini dapat dicapai menggunakan beberapa Straβenbahn (trem), yaitu S13 dan berhenti di Görlitzer Strasse yang berjarak sekitar 5 menit berjalan kaki menuju Kunsthofpassage. Alternatif lainnya adalah S3 menuju Albertplatz atau S7 dan S8 menuju Bischofsweg.

Selama di Dresden Anda dapat menginap di Hostel Mondpalast, Hotel Pension Konigswald, atau Wollnervilla. Destinasi menarik lainnya adalah Fúrstenzug, Hohenschönhausen, dan Weissensee.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • ISTANA ZWINGER
  • wisata di dresden
  • jalan penuh warna
  • sejarah Kunsthofpassage
  • jalan gang di eropa
  • keindahan ibu kota negara
  • tujuan wisata di dresden

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,