www.einfotojedentag.blogspot.com

www.einfotojedentag.blogspot.com

Baik wisatawan maupun penduduk Potsdam, sangat mencintai Holländisches Viertel atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dutch Quarter. Terletak di Mittelstraβe 1 suasana Belanda begitu kental terasa. Tempat tersebut merupakan salah satu destinasi terfavorit di Potsdam.

www.auftakt.blogspot.com

www.auftakt.blogspot.com

Dutch Quarter di Potsdam terdiri dari 134 rumah bereksterior batu-bata merah yang terekspos tanpa plester. Rumah-rumah khas Belanda itu terbagi dalam empat blok dan dibangun oleh seorang arsitek handal asal negeri kinicir angin Johann Boumann pada tahun 1733 – 1740. Pembangunan rumah Belanda ini diinstruksikan langsung oleh Raja Prussia saat itu, Friedrich I. Ia ingin menarik perhatian para pengrajin Belanda untuk pindah dan tinggal di Postdam. Hal tersebut bukan tanpa alasan, negara tetangganya itu mencapai era keemasan sepanajang abad 17 dan 18. Saat itu negeri tulip merupakan negara paling modern dan maju di bidang industri. Rencana tersebut sedikit melenceng karena ternyata para seniman Prussia dan Perancis ikut-ikutan tinggal di pemukiman Belanda tersebut. Dutch Quarter ini selamat dari kehancuran Perang Dunia II, namun begitu masuk dalam wilayah Jerman Timur kerusakan mulai terjadi. Hal tersebut terjadi secara alami karena tidak ada perhatian dari pihak Uni Soviet untuk melestarikan peninggalan sejarah tersebut. Setelah Jerman bersatu, rumah-rumah Belanda mulai dipugar dan pemukiman tersebut kembali ke masa kejayaan.

Rumah batu bata di Holländisches Viertel tidak begitu lebar, mereka cenderung panjang dan bertingkat. Bagian depan berwarna merah dan dihiasi jendela berwarna putih. Pada masa pemerintahan Friedrich I, ia memerintahkan agar setiap rumah di Dutch Quarter menampung satu tentara Postdam Giant. Prajurit elit besutan sang raja terdiri itu terdiri dari orang-orang berbadan tinggi besar, melebihi rata-rata warga Prussia. Tentara tersebut setidaknya harus memiliki tinggi badan 1,88 meter.

www.vagabondbohemian.com

www.vagabondbohemian.com

“Sepotong” Belanda di Potsdam ini adalah koleksi arsitektur negeri kincir angin terbesar di Eropa yang berada di luar wilayah Belanda. Selain wisata arsitektur, wisatawan dapat mengunjungi museum sejarah tentang Dutch Quarter, galeri seni, galeri fotgrafi, workshop kerajinan, serta toko-toko mungil yang ekslusif. Beberapa rumah di sana juga berubah menjadi restoran dan cafe-café yang nyaman. Tempat ini juga tuan rumah dari tiga festival akbar, yaitu Tulip Festival, Potter’s Market, dan Dutch Christmast Market.

Transportasi publik yang dapat digunakan untuk mencapai Dutch Quarter adalah bus 603, 609, 638, 639, atau 695 menuju Potsdam Nauener Tor. Namun sebetulnya pemukiman Belanda ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama 15 menit dari Postdam Hauptbahnhof.

Selama berlibur di Potsdam Anda dapat menginap di NH Voltaire Potsdam, Filmhotel Lili Marleen, atau Hotel de Rome. Destinasi menarik lainnya adalah Sanssouci, Signal Iduna Park, dan Reeperbahn.

Lokasi Dutch Quarter

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • apa arti viertel
  • potsdam kincir angin
  • rumah batamerah belanda

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,