www.de.wikipedia.org

www.de.wikipedia.org

Pasca perang dunia Jerman menghadapi perang dingin. Peristiwa itu mengakibatkan negara yang terkenal dengan sebutan tanah para pemikir dan penyair itu terbagi dua, menjadi Jerman Timur dan Jerman Barat. Selama 1949 – 1990, Jerman Timur atau Deutsche Demokratische Republik (DDR) berada di bawah kendali Uni Soviet yang melahirkan Stasi.

www.holidaycheck.de

www.holidaycheck.de

Selama perang dingin berlangsung, kebebasan seperti terberangus dari bumi Jerman Timur. Stasi adalah sebutan untuk Ministerium für Staatssicherheit atau Kementrian Pertahanan yang dikenal juga sebagai Polisi Keamanan atau Polisi Rahasia Jerman Timur. Selama memegang tonggak kekuasaan, tak sedikit orang menjadi tawanan politik Stasi. Mereka dibawa ke penjara yang lokasinya bahkan tak terdeteksi di peta. Sebuah penjara rahasia yang tak diketahui publik bahwa tempat mengerikan itu ada. Di hotel prodeo itu, ratusan tahanan politik diinterogasi dan disiksiksa agar mengakui kesalahan mereka, meski pada kenyataannya tuduhan yang disangkakan tak dilakukan. Gambaran kehidupan di bawah ancaman Stasi ini pernah diangkat ke layar lebar tahun 2007 melalui film besutan Florian Henckel von Donnersmarck yang berjudul The Life of Others. Karya Florian tersebut menyabet penghargaan Oscar kategori Best Foreign Language Film.

Setelah Jerman bersatu, penjara Stasi dikosongkan dan tahun 1994 dijadikan museum yang disebut Gedenkstätte Berlin-Hohenschönhausen. Pengunjung dapat berkeliling ke seluruh penjuru bangunan yang terletak di distrik Lichtenberg itu. Dari mulai ruang interogasi, sel tahanan, hingga penjara bawah tanah yang dingin. Setiap ruang penjara tidak diberi jendela dan menggunakan glass block. Bahkan di bawah tanah hanya terdapat lubang-lubang

www.panoramio.com

www.panoramio.com

kecil sebagai satu-satunya ventilasi udara dalam sel. Beberapa ruangan pertama pun terasa sangat dingin terutama jika musim dingin tiba, sedangkan sel lainnya berdekatan dengan sumber pemanas untuk menghangatkan ruangan interogasi di lantai atas. Sel tersebut bisa bersuhu sangat tinggi layaknya dalam oven.

Kunjungan ke Hohenschönhausen dapat dilakukan dengan ditemani pemandu. Pemandu yang bertugas biasanya merupakan eks narapidana Stasi, sehingga dapat menceritakan secara rinci tentang pengalamannya di penjara. Namun apabila berhalangan, maka pemandu akan digantikan seorang sejarawan. Hohenschönhausen menawarkan tur berbahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, Denmark, dan Norwegia setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00. Sebelumnya pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar €5.

Memorial Stasi ini dapat dicapai menggunakan trem M5 menuju Freienwalder Strasse, bisa juga dengan trem 16, M6, atau bus 256 dan berhenti di Genslerstrasse. Destinasi menarik lainnya adalah Weissensee, Museumdorf Düppel, dan Tempelhof.

Selama berlibur di Berlin Anda dapat menginap di Hotel New Berlin, Best Western Euro Hotel, atau Novotel Berlin Mitte Hotel.

Peta Gedenkstätte Berlin-Hohenschönhausen

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Stasi jerman timur
  • kekejaman polisi rahasia
  • polisi rahasia jerman timur
  • sejarah stasi
  • sejarah stasi wolomoto
  • kisah stasi jerman timur
  • stasi jerman
  • seragam agen stasi
  • kekejaman jerman timur
  • polisi jerman timur

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,