Oktoberfest atau dalam bahasa Bavaria disebut dengan die Wiesn merupakan pesta rakyat atau festival tahunan yang selalu diselenggarakan di ibu kota negara bagian Bayern, yaitu München, tepatnya di lapangan Theresienwiese. Festival ini termasuk salOktoberfestah satu festival terbesar di dunia yang identik dengan acara minum bir. Setiap tahunnya Oktoberfest menghabiskan 7 juta liter bir serta menarik 6 juta pengunjung. Para pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Jerman, namun dari seluruh penjuru dunia. Mereka berbaur bersuka ria dalam festival yang sudah berusia lebih dari seabad ini.

Cikal bakal Oktoberfest berasal dari pesta pernikahan Putra Mahkota Ludwig, yang kemudian menjadi Raja Ludwig I, dengan putri dari Sachsen-Hildburghausen bernama Putri Therese. Seluruh rakyat Bavaria diundang ke pesta kerajaan yang berlangsung selama 16 hari tersebut. Hingga kini rakyat Bavaria masih terus memperingati pesta pernikahan sang Putra Mahkota setiap tahun. Kebetulan pesta pernikahan Putra Mahkota bertepatan dengan kegiatan pengosongan tong bir musim semi untuk membuat bir musim gugur dan menjadi minuman utama di pesta itu.

Pembukaan festival ini ditandai ketika walikota setempat membuka tong bir pertama dan menyerukan ‘O’Zapft is!’ yang artinya “telah dibuka!”. Di Theresienwiese disediakan tenda-tenda besar sebagai tempat makan dan minum.

Oktoberfest-ikon

Para wisatawan dianjurkan untuk melakukan reservasi tempat jika ingin mengikuti pesta bir. Reservasi dapat dilakukan langsung di tenda-tenda acara bir. Di dalam tenda orang-orang bercengkrama, menari dan menyanyi diiringi musik khas Bavaria. Selain makan dan minum bir, Oktoberfest juga menawarkan wahana-wahana menantang ala dunia fantasi. Ada pula tenda-tenda yang menjual souvenir khas seperti topi, mug, dan Lebkuchenherzen atau kue jahe berbentuk hati, serta parade dimana pesertanya mengenakan baju khas Bavaria.dan tiap tenda mampu menampung 115.000 orang. Pengunjung akan disuguhi menu utama Oktoberfest, yaitu bir, dalam gelas jumbo berukuran 1 liter yang disebut dengan Maß (baca: Mass) seharga € 9,85 (Rp. 147.750). Bir ini memiliki kadar alkohol lebih tinggi dari bir pada umumnya. Selain itu bir ini lebih segar karena langsung berasal dari Fass atau tong-tong kayu penampung bir. Sebagai teman minum bir, pengunjung juga dapat membeli beragam makanan khas Bayern seperti Bratwürst (sosis khas Jerman), Hendlbraten (ayam panggang), Schweinbraten (babi panggang), Käsespätzle (pasta keju), Pretzel, dan lain sebagainya.

Oktoberfest-tentsDie Wiesn dimulai pada hari Sabtu setelah tanggal 15 September hingga hari Minggu di awal Oktober. Jika hari Minggu jatuh pada tanggal 1 atau 2 Oktober maka perayaan Oktoberfest dilanjutkan hingga tanggal 3 Oktober. Tanggal 3 Oktober merupakan tanggal bersejarah bagi rakyat Jerman sebagai hari reunifikasi atau persatuan Jerman Barat dan Jerman Timur. Acara ini mulai dibuka pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 12.00 malam. Untuk mencapai Oktoberfest
Anda bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Franz-Josef-Strauss, München, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kereta dan turun di Statsiun Hackerbrücke. Statsiun Hackerbrücke dapat dijangkau oleh semua kereta yang berangkat dari bandara. Jangan lupa untuk memesan penginapan jauh-jauh hari sebelumnya karena selama berlangsungnya Oktoberfest dapat dipastikan semua penginapan di München penuh. Anda bisa menginap di Hotel Atlas München, Hotel Seibel, atau Hotel Munich Inn.

Destinasi wisata lain di Munich yang wajib dikunjungi antara lain Marienplatz, English Garden, dan Eisbach.

Peta Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 19 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook. 

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • souvenir khas munchen
  • oleh2 khas dr munchen jerman yaitu
  • pesta rakyat eropa
  • pesta wisata di jermam
  • putra mahkota bavaria
  • putri bavaria
  • souvenir khas munich
  • transportasi wisata ke oktoberfest
  • travel eropa wisata europe

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,