47-1

Bulan Februari mungkin bulan yang paling ditunggu-tunggu di Berlin. Ya, pada masa itu kota Berlin menjadi gemerlap oleh para bintang layar perak dalam pagelaran Berlinale.

Berlinale merupakan event budaya terbesar dan paling glamour di Berlin. Berlinale yang dikenal sebagai ajang festival 47-2film internasional memutar sebanyak 400 film setiap tahunnya. Festival ini melibatkan 19.000 pekerja profesional dari 120 negara, termasuk diantaranya 4.000 jurnalis. Tiket yang terjual bisa mencapai 300.000, membuat Berlinale menjadi Festival Film dengan penonton terbanyak di dunia. Ajang ini juga dimeriahkan para aktor dan aktris internasional, mereka melenggak lenggok di red carpet Berlinale Palast. Anda juga bisa berjumpa dengan para bintang di pusat perbelanjaan atau objek wisata, dan restoran seluruh Berlin.

Berlinale pertama kali digagas di Jerman Barat tahun 1951 atas prakarsa sineas film asal Amerika Oscar Martay. Festival Film Internasional Berlin diselenggarakan setiap tahun di bulan Februari sejak tahun 1978. Sebanyak 20 film berkompetisi untuk memperebutkan Golden dan Silver Bears. Film dari berbagai genre dan durasi menemukan tempatnya di festival ini. Berlinale membagi film ke dalam 7 kategori. Kategori Competition berisi film-film yang akan rilis di luar negara asalnya dan berkompetisi merebutkan Golden dan Silver Bear untuk acting, skenario, dan produksi. Kategori Panorama47-3 memutar film-film independen dengan tema-tema kontroversial dan tidak konvensional. Kategori Forum diperuntukkan film-film dokumenter hasil para sineas muda. Kategori Generation khusus untuk film-film bertemakan anak-anak dan remaja. Kategori Perspektive Deutsches Kino menayangkan film-film Jerman. Berlinale Short merupakan kategori film-film pendek dengan terobosan sinematografi dari sineas muda. Terakhir adalah kategori Retrospective menampung film-film klasik dan film yang sebelumnya sudah pernah ditayangkan di Berlinale dan dari beragam kategori lainnya.

Saat Berlinale digelar film karya para sineas itu diputar di seluruh bioskop Berlin. Anda bisa ikut menontonnya dengan membeli tiket secara online atau langsung di tempat penjualan resmi dan – tentu saja- di bioskop sesaat sebelum pemutaran. Harga tiketnya cukup murah untuk level festival internasional yakni € 8 – € 13. Jika beruntung Anda bisa satu bioskop dengan para selebritis terkenal. Biasanya setelah film selesai diputar akan ada sesi tanya jawab dengan kru dan pemeran selama 15 hingga 30 menit.

Pembukaan festival film ini selalu diadakan di Berlinale Palast (Marlene-Dietrich Platz 2), sedangkan pemutaran film dilakukan di seluruh bioskop Berlin. Bioskop-bioskop itu tersebar di Postdamer Platz yang bisa Anda jangkau dengan naik subway U2 atau komuter S1, S2, atau S25 menuju Postdamer Platz. Berlinale mempublikasikan jadwal acara setiap satu bulan sebelumnya melalui situs resmi mereka. Selama di Berlin Anda dapat menginap di Express by Holiday Inn Berlin Center, Suit Novotel Berlin Postdamer Platz, atau Cityrentals-Berlin Apartments. Anda juga dapat mengunjungi Oktoberfest, Lenbach Museum, dan Berlin Light Festival.

Peta Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • budaya berlinale

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,