48-1

Di daerah Kreuzberg, Berlin, terdapat galeri lukisan outdoor terbesar di dunia. Nama galeri tersebut adalah East Side Gallery. Tapi East Side bukan sekedar galeri biasa, East Side menjadi simbol kebebasan internasional.

Galeri ini berupa tembok Berlin sepanjang kurang lebih 1,3 km dan merupakan tembok Berlin terpanjang yang masih 48-2tersisa. Tembok itu dipenuhi beragam lukisan mural. Setelah keruntuhan tembok Berlin tahun 1989, ratusan seniman dari seluruh dunia datang ke Berlin untuk menghiasi tembok sisi timur. Sebanyak 118 seniman dari 21 negara mengekspresikan kebebasan di atas tembok kosong berwarna abu-abu itu. Diperkirakan ada sebanyak 100 karya lukisan di sisi timur tembok ini. Sebagian besar mural mengekspresikan sejarah Jerman dan sebagian lagi mengekspresikan dengan slogan-slogan perdamaian dan harapan. Salah satu lukisan mural yang paling mencolok adalah der Bruderkuss, karya dari Dmtri Vrubel. Dmtri Vrubel melukiskan mantan pemimpin Soviet Leonid Breznev berciuman dengan Perdana Menteri Jerman Timur, Erick Honecker. Lukisan dari Jürgen Grosse, Siegfrid Santoni, Bodo Sperling, Kasra Alavi, dan Thierry Noir, juga ikut menghiasi tembok sisi timur ini.

Sayangnya dua per tiga dari lukisan di East Side Gallery ini rusak parah oleh grafiti, erosi, dan tangan-tangan jahil yang mencuri bagian-bagian dari tembok berlin ini. Seiring waktu lukisan mural pun mulai pudar. Pemerintah Jerman 48-4akhirnya memperbaiki karya seni tersebut dan mengawetkannya pada tahun 2009, bertepatan dengan peringatan 20 tahun runtuhnya tembok Berlin. East Side Gallery tidak hanya menjadi simbol kebebasan semata, tapi juga sebagai seimbol harapan dan persahabatan.

Untuk mencapai tempat ini Anda dapat naik kereta metro S5, S7, S9, atau S75 lalu berhenti di Ostbahnhof. Lukisan East Side Gallery dapat dinikmati mulai dari Ostbahnhof. Anda dapat berjalan kaki menyusuri tembok penuh dengan lukisan hingga jembatan Oberbaumbrücke. Di sana terdapat toko souvenir dan stasiun yang bisa Anda gunakan untuk melanjutkan perjalanan. Tempat menarik lainnya yang wajib Anda sambangi adalah Museum of Photography, Berlin Flohmarkt, atau Königsstuhl. Selama berlibur di Berlin Anda dapat menginap di NH Berlin Postdamerplatz, Angleterre Hotel Berlin, atau Axel Hotel Berlin.

Peta Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.      

Incoming search terms:

  • simbol kebebasan
  • sejarah kota berlin dan tempat wisata gedung parlementer jerman
  • east side gallery berlin adalah merupakan
  • sejarah east side gallery berlin
  • sejarah dan budaya yg menarik di berlin
  • patung kuda di jerman
  • nama museum museum dan tempatnya di negara jerman
  • lukisan di tembok berlin
  • grafiti inggris tentang kebebasan
  • gambar grafiti go green di tembok

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,