49-1

Sejak pembukaannya tahun 2004 silam, Museum Für Fotografie Berlin telah menjadi magnet bagi para pecinta fotografi. Museum ini memamerkan koleksi-koleksi pribadi dari fotografer kenamaan, Helmut Newton.

49-2Museum Für Fotografie Berlin di organisir oleh dua yayasan yaitu Helmut Newton Foundation dan Art Library Photographic. Art Library Photographic menyimpan koleksi-koleksi foto abad ke 19 dan abad ke 20, tentang awal kelahiran fotografi. Museum ini menampilkan koleksi foto Neues Sehen atau New Vision dari tahun 1920 hingga foto artistik zaman sekarang. Pengunjung diajak untuk melihat perubahan zaman melalui foto. Selain itu arsip-arsip fotografi dari mulai koleksi pribadi, fotogrametri, hingga kartu pos bersejarah masih tersimpan dengan rapi di perpustakaan. Museum ini juga kerap menjadi tuan rumah bagi event pameran fotorgrafi lainnya.

Helmut Newton Foundation dibentuk oleh Helmut Newton sendiri beberapa bulan sebelum kematiannya di tahun 2004. Ia menempati dua lantai ruang pameran dari bangunan tua seluas 2.000 m2. Museum Newton ini memamerkan karya foto dari Helmut Newton yang diberi tema “Helmut Newton’s Private Property”. Newton mengakhiri kehidupannya selama 18 tahun di Berlin dan memutuskan untuk pindah ke Australia pada tahun 1938. Kemudian Newton bekerja untuk49-3 Vogue. Newton memotret foto hitam putih dan terkenal akan karya-karyanya yang berani. Ia menjadi fotografer pertama yang berani mengangkat tema erotis dalam fashion photography. Ia banyak memotret wanita tanpa busana, baik untuk majalah Vogue maupun untuk publikasi lainnya. Pembukaan pertama Museum Helmut Newton cukup sukses, pamerannya dibanjiri 700.000 pengunjung. Hingga kini tak bosan-bosannya orang mengagumi mahakarya Newton. Di Museum Helmut Newton pengunjung dapat koleksi pribadi Newton, termasuk kamera-kamera yang ia gunakan, barang-barang pribadi, replika studio foto Newton, memorabilia, video, dan tentu saja foto-foto jepretannya. Di lobi utama terpajang foto dengan frame besar, yaitu wanita tanpa busana pertama yang Newton ambil gambarnya.

Museum Fotografi Berlin ini terletak berseberangan dengan Zoologischer Garten, tepatnya di jalan Jebensstrasse 2. Untuk mencapai tempat ini Anda perlu naik Subway U2 atau U9 kemudian turun di Zoologischer Garten. Selain Subway Anda juga dapat naik kereta komuter (S3, S5, S7, S75) atau bus (M45, M46, X9, X10, 100, 109, 110) lalu turun di Zoologischer Garten. Museum dari hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00 – 18.00 dengan harga tiket masuk sebesar € 10,00. Selama kunjungan di Berlin Anda dapat menginap di Savoy Berlin Hotel, Swissotel Berlin Hotel, atau Best Western Kanthotel. Jangan lupa untuk mampir ke Festival Film Berlin, Holocaust Memorial, dan Anne Frank Zentrum.

Peta Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

 

Incoming search terms:

  • museum fotografi
  • photographer nyentrik
  • newton fotografer

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,