Foto: www.ideo-world.com

Foto: www.ideo-world.com

Dengan koleksi yang hampir mencapai jumlah 1 juta karya seni, Rijksmuseum menjadi atraksi utama kota Amsterdam. Tempat ini juga merupakan museum seni dan sejarah terbesar di Belanda. Setiap tahunnya Rijksmuseum menarik ribuan pengunjung.

Foto: commons.wikimedia.org

Foto: commons.wikimedia.org

Rijksmuseum sudah berdiri selama dua ratus tahun lebih. Pertama kali ia dibuka untuk publik adalah tahun 1800, saat itu museum ini masih bernama Nationale Kunstgallerij atau Museum Seni Nasional dan berada di Den Haag. Museum ini sempat berpindah-pindah tempat beberapa kali sebelum akhirnya menetap secara permanen di Amsterdam pada tahun 1808. Natinale Kunstgallerij berganti nama menjadi Rijksmuseum yang diberikan oleh Raja Wilem I di tahun 1885. Bangunan indah bergaya neo-Renaissance yang saat ini ditempati museum terbesar Belanda ini dirancang oleh arsitek Petrus J.H. Cuypers.

Rijksmuseum menjadi rumah dari 20 karya terbaik Rembrandt, termasuk lukisan populernya De Nachtwacht. Selain Rembrandt seniman yang karyanya dipamerkan di sana adalah Vermeer, Hals, Steen, Van Dyck dan banyak lagi. Pengunjung juga dapat menemukan masterpiece dari seniman Belanda lain yang berasal dari abad 15 hingga abad 19. Beberapa artefak juga menceritakan sejarah negeri kincir angin mulai dari abad pertengahan hingga abad 20. Tak hanya seni lukis, terdapat pula seni patung, pahatan, dan berbagai hiasan yang terbuat dari media berbeda-beda. Anda berkesempatan untuk melihat kerajinan tradisional seperti porselen, furnitur, perhiasan, pakaian, perunggu, tembaga, dan lain sebagainya. Di ruangan yang berbeda terdapat pameran khusus karya seni Asia. Cina, Jepang, India, dan Indonesia mendominasi pameran. Karya-karya tersaji dari beragam media, seperti batu khas Indonesia dan porselen cina.

Foto: www.paintingportraittips.com

Foto: www.paintingportraittips.com

Seni tak hanya ada di dalam gedung Rijksmuseum, tetapi di luar para pengunjung juga dapat beristirahat di taman yang indah. Lengkap dengan kolam buatan, pepohonan, tempat duduk, air mancur, dan hiasan patung. Setelah bersantai di taman Anda bisa minum kopi dan membeli suvenir di Rijksmuseum Shops and Café.

Ketiga fasilitas tersebut dapat dikunjungi tanpa menggunakan tiket setiap pukul 09.00 – 18.00. Sedangkan waktu operasi Rijksmuseum setiap harinya adalah pukul 09.00 – 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar €15. Tiket bisa dibeli secara online maupun langsung di tempat. Untuk mencapai Rijksmuseum dapat menggunakan trem 2 dan 5 menuju Rijksmuseum atau trem 12 menuju Museumplein. Alternatif lain adalah dengan naik bus 145, 170, 172, atau 174 dan berhenti di halte Rijksmuseum.

Amsterdam memiliki banyak opsi tempat beristirahat, seperti Mozart Hotel, Inner Hotel, atau Stayokay Amsterdam Vondelpark Hotel. Tempat menarik lain yang patut dikunjungi adalah Philips Stadium, Anne Frank House, dan Signal Iduna Park.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • alamat Rijks museum di Belanda dan no contaknya
  • kondisi rijkmuseum
  • Lukisan museum rijks amsterdam belanda
  • museum rijksmuseum belanda
  • rijks kleuren
  • rijks museum belanda
  • ruang operasi olvg amsterdam
  • ruangan operasi di olvg
  • sejarah rijk museum amsterdam
  • Koleksi Rijksmuseum Amsterdam

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,