Foto: cwfoodtravel.blogspot.com

Foto: cwfoodtravel.blogspot.com

Pelajar, pengusaha muda, hingga seniman berkumpul di sebuah distrik yang dulunya merupakan pemukiman kumuh. Distrik Jordaan kini tak pernah sepi dari derap kaki para wisatawan. Lokasi bersejarah ini menjadi tempat wajib untuk dikunjungi saat berwisata di Amsterdam.

Foto: www.iamsterdam.com

Foto: www.iamsterdam.com

Distrik Jordaan merupakan bagian dari sejarah perluasan kota Amsterdam pada abad 17. Pada masa itu Jordaan bukanlah lingkungan nyaman dengan kanal-kanalnya yang berfungsi sebagai media transportasi sekaligus tempat pembuangan limbah rumah tangga. Masyarakat miskin dan kaum imigran menjadi penghuni kawasan tersebut karena harga sewa tempat yang murah. Rumah-rumah kecil mereka ditempati keluarga dengan jumlah anak yang banyak. Hal tersebut membuat Jordaan menjadi kawasan kumuh yang padat penduduk. Pada tahun 1900 tercatat populasi di sana mencapai 80.000 orang. Diantaranya penduduk itu adalah penulis terkenal Belanda Joost van den Vondel dan pelukis Rembrandt van Rijn. Sejak tahun 1970-an kawasan ini ditata menjadi lebih baik dan kini hanya dihuni oleh 20.000 penduduk.

Setelah penataan dilakukan, distrik Jordaan saat ini banyak dihuni oleh para pelajar, pengusaha muda, dan seniman. Distrik ini pun bagaikan Reeperbahn di Hamburg, menjadi kawasan paling terkenal di Amsterdam dan destinasi yang tak luput dari itinerary pariwisata. Berjalan-jalan di Jordaan kita dapat melihat cerminan dari kekayaan sejarah area ini. Jalanan sempit berbatu membawa pengunjungnya menuju pemandangan indah kanal-kanal, halaman yang tersembunyi, perumahan bersejarah, hingga jajaran galeri seni, bar, pub, café, restoran, butik, dan pasar.

Foto: www.flickr.com

Foto: www.flickr.com

Sebagian rumah di Jordaan memiliki lempengan batu yang menunjukan profesi atau pekerjaan si pemilik. Misalnya rumah seorang penjahit, maka lempengan batunya menunjukan ukiran gunting. Lempengan-lempengan batu tersebut tersaji dengan beragam warna yang indah dan ukiran unik. Di sana Anda juga dapat berkunjung ke beberapa museum. Namun jangan lewatkan Norderkerk, gereja utama di Jordaan yang dibangun antara tahun 1620 dan 1623 dan masih aktif sebagai gereja Protestan.

Distrik Jordaan terletak hanya 5 menit berjalan kaki dari Central Station atau Dam Square. Anda juga dapat menggunakan trem 3, 7, 10, dan 14 untuk menuju mantan area paling kumuh Amsterdam ini.

Destinasi menarik lain yang dapat dikunjungi adalah Bloemenmarkt dan Stadion De Kuip. Baca pula ulasan mengenai Gelredome. Selama berlibur di Amsterdam Anda dapat menginap di Hotel Alexander, Schiphol A4 Hotel, atau Hotel Pax.

Lokasi:
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 19 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • panduan wisata amsterdam
  • jalan jalan di amsterdam
  • berlibur di amsterdam
  • pasar bunga terapung
  • jalan jalan ke jordaan
  • foto wisata amsterdam
  • tempat wisata yang wajib dikunjungi di amsterdam
  • liburan amsterdam kanal
  • wisata di jordaan district
  • wisata di jordaan amsterdam

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,