www.coffeelab.nl

www.coffeelab.nl

Berbicara tentang kuliner dan Belanda, pasti tak akan lepas dari keju dan ragam kue-nya yang manis. Salah satunya adalah Stroopwafel yang kepopulerannya tak hanya di kalangan warga lokal tapi juga mancanegara. Makanan khas ini mudah ditemui di pasar kaki lima hingga bakery seluruh kota negeri kincir angin, termasuk Amsterdam.

www.foodkarma.ca

www.foodkarma.ca

Bertandang ke Amsterdam rasanya kurang afdol jika tak menyantap Stroopwafel. Wafel ini sebetulnya merupakan panganan khas kota Gouda yang juga terkenal sebagai produsen keju. Berbeda dengan wafel pada umumnya, Stroopwafel terdiri dari dua lapis wafel berbentuk bulat dengan isian seperti karamel. Renyah, lengket, dan manis, perpaduan sempurna yang ampuh membuat siapapun yang memakannya “kecanduan” alias ketagihan. Kuliner satu ini pun lezat dimakan kapan saja, baik saat pagi, siang, ataupun sore hari.

Stroopwafel pertama kali dibuat sekitar akhir abad 18 atau awal abad ke-19. Saat itu ketika kemiskinan melanda, para baker mulai membuat cookie dari remah-remah roti yang dicampur dengan tepung, butter, susu, telur, gula, dan kayu manis. Setelah mengembang, adonan tersebut dibentuk bulat kemudian di panggang dalam cetakan wafel berbentuk bulat. Saat sudah berubah warna menjadi keemasan, wafel tersebut diolesi mentega dan sirup manis. Tetapi setiap pembuat kue biasanya memiliki resepnya sendiri dan membuat wafel dari Gouda ini semakin berkembang. Kini isinya tak hanya karamel, tapi terdapat variasi rasa lain seperti kopi dan selai buah-buahan.

www.wikipedia.org

www.wikipedia.org

Stroopwafel memang lezat apabila langsung dimakan begitu disajikan. Tetapi rakyat Raja Willem-Alexander memiliki tradisinya sendiri untuk menyantap lebih nikmat lagi wafel isi ini. Masyarakat Belanda biasanya meletakan Stroopwafel menutupi mug atau cangkir kopi, teh, atau cokelat panas mereka. Uap panasnya akan menghangatkan bagian tengah kulit wafel dan sedikit melelehkan bagian dalamnya. Begitu disantap akan menghasilkan sensasi melty di satu sisi dan crunchy pada sisi lainnya. Panganan ini bisa dengan mudah didapatkan di Amsterdam.

Lanskroon adalah sebuah bakery yang terletak di Kanal Singel 385 terkenal sebagai pembuat Stroopwafel tradisional paling lezat. Mereka juga menawarkan variasi rasa madu, coffee caramel, dan buah ara. Dengan harga €2,25 Anda sudah mendapatkan Stroopwafel yang lebih tebal dan renyah dibandingkan dengan yang lain. Tempat ini buka setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 – 17.30. Sedangkan hari Sabtu mereka beroperasi pukul 09.00 – 17.30 dan Minggu pada pukul 10.00 – 17.30. Untuk mencapai Lanskroon dapat menggunakan trem 1 atau 5 menuju Spui, kemudian dilanjutkan dua menit berjalan kaki ke arah kanal Singel.

Anda juga dapat dengan mudah menemukan Stroopwafel di Albert Cuyp Market, atau mencoba kuliner lezat lain di Small World dan Pacific Parc. Selama berwisata Anda dapat menginap di Hotel de Gerrstekorrel, Hotel Restaurant Larende, atau Qbic Hotel WTC Amsterdam.

Lanskroon
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • stroopwafel adalah
  • resep stroopwafel
  • resep stroop wafel
  • jual cetakan stroopwafel
  • cara membuat stroopwafel
  • stroopwafel bandung
  • stroopwafel resep
  • cetakan stroopwafel
  • cetakan wafel
  • harga cetakan stroopwafel

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,