www.kwgn.com

www.kwgn.com

Universitas Amsterdam memiliki salah satu museum unik di dunia, yaitu Museum Vrolik. Berawal dari koleksi pribadi Gerardus Vrolik, seorang ilmuwan terkenal Belanda di abad 18, berupa macam-macam anatomi dan embrio cacat. Koleksi tersebut diperlihatkan kepada publik dan bisa membuat para pengunjungnya bergidik.

www.iamsterdam.com

www.iamsterdam.com

Willem Vrolik adalah seorang profesor anatomi, fisiologi, dan zoologi Belanda. Ia mewarisi koleksi pribadi ayahnya, selepas Gerardus Vrolik meninggal pada usia 104 tahun. Keduanya merupakan profesor di Athenaeum Illustre yang kemudian menjadi Universitas Amsterdam. Ditangan Willem koleksi tersebut bertambah dan ia pun menulis tentang kecacatan, termasuk cyclopia, kelainan kongenital, hingga kembar siam. Teratologi adalah studi mengenai suatu kelainan atau kecacatan pada organ atau struktur tubuh makhluk hidup yang pada abad 18 sampai 19 memang sangat populer. Setelah Willem Vrolik menghembuskan nafas terakhir, beragam literatur serta objek penelitiannya disimpan di Athenaeum Illustre. Koleksi seperti tengkorak dan tulang yang aneh, embrio cacat, dan beragam spesimen patologi lain hingga saat ini masih digunakan untuk keperluan studi para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Amsterdam.

www.blog.ponypeople.nl

www.blog.ponypeople.nl

Pada tahun 1994 terdapat 150 spesimen yang hingga kini terus bertambah jumlahnya. Semua terpajang rapi dalam etalase kaca di sebuah ruangan yang dibuka menjadi Museum Vrolik. Tempat ini sudah eksis lebih dari satu abad dan menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat melancong ke Amsterdam. Tak hanya menarik tapi sekaligus mengerikan karena beragam koleksinya memang memiliki bentuk-bentuk dan dibalut dalam suasana museum yang terasa kuno. Lorong-lorong panjang yang remang, etalase kaca dengan sentuhan kayu, dan pajangan organ tubuh, tulang belulang, tengkorak, baik milik manusia ataupun binatang yang memiliki kelainan, jelas sebuah tontonan yang tidak cocok bagi Anda yang mudah pingsan. Di lain pihak, kumpulan benda kedokteran itu juga mengagumkan dan membuka mata kita tentang dunia patologi. Kita dapat melihat koleksi percobaan kedokteran, seperti bayi cacat lahir, kembar siam, hingga embrio raksasa. Museum ini tak henti-hentinya menarik pengunjung dari berbagai kalangan, tak hanya mahasiswa kedokteran atau peneliti. Pengalaman berbeda dapat kita rasakan ketika mengunjungi Museum Vrolik di Amsterdam.

Museum Vrolik dapat dikunjungi setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 10.00 – 17.00. Biaya masuk gratis, tetapi Anda bisa booking untuk tur ditemani pemandu. Syaratnya satu kelompok tidak lebih dari 15 orang dan dibebani biaya sebesar €35 per grup. Museum ini terletak di Academisch Medisch Centrum (AMC) J0, ruang ruang 130. Tempat ini mudah dicapai menggunakan bus 45, 46, atau 47 menuju halte AMC.

Selama di Amsterdam Anda dapat menginap di Tulip Inn Amsterdam Riverside Hotel, Albus Hotel Amsterdam City Center, atau Hostel The Veteran. Tempat menarik lainnya adalah Castillo Bellver, De Parade, dan Uitvaart Museum Tot Zover.

Lokasi Museum Vrolik

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • museum vrolik
  • koleksi Museum Vrolik
  • museum vrolik adalah
  • unik dan mengerikan
  • isi museum vrolik
  • museum vrolik belanda
  • foto foto di museum vrolik
  • kumpulan gambar museum vrolik
  • lithopedion adalah
  • musium vrolik adalah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,