www.laanyacht.nl

www.laanyacht.nl

Tak hanya tulip dan kincir angin, tetapi Belanda juga merupakan negeri keju. Apabila Belanda menjadi negeri keju maka ibu kotanya adalah Alkmaar. Pesona keju di kota ini tak terbantahkan, mulai dari keberadaan pengarajin keju tingkat tradisional hingga pabrikan, museum keju, serta pasar keju tradisionalnya.

www.wiki.worldflicks.org

www.wiki.worldflicks.org

Alkmaar Kaasmarkt atau Pasar Keju Alkmaar merupakan daya tarik utama dari pariwisata kota di wilayah Belanda Utara tersebut. Bersama kota Gouda (dibaca: haw-da), Edam, dan Hoorn, Alkmaar menggelar pasar keju yang masih mempertahankan tradisi abad pertengahan. Dengan jarak hanya 30 menit berkendara dari ibu kota Amsterdam, membuat Alkmaar Kaasmarkt sangat populer di kalangan turis. Tak heran jika saat sampai di sana orang-orang nampak berjubel, bus-bus pariwisata mengantri, dan turis bersiap-siap dengan kamera mereka. Apabila mengerucut pada keju, markasnya klub sepak bola AZ Alkmaar ini bagaikan one stop cheese entertainment. Selain Kaasmarkt juga terdapat museum keju di sana guna memuaskan para turis yang penasaran dengan produk kuno Belanda itu.

Pasar keju di Alkmaar ini sudah ada lebih dari 400 tahun lamanya, tepatnya pertama kali dimulai pada tahun 1539. Pasar ini bertempat di Waagplein, di pelataran depan museum keju. Sebanyak 30.000 kilogram keju ditimbang dan diperdagangkan di sana. Proses tersebut masih sama seperti pertama kali dimulai, lengkap dengan kostum tradisionalnya. Transaksi akan dimulai ketika bel berbunyi. Sebelumnya petugas akan memeriksa kualitas keju yang dibawa para petani. Lalu para pembeli dan penjual mulai tawar menawar untuk harga satu keju yang beratnya bisa menacapai 13 kilogram. Proses ini ditentukan dengan handjeklap atau tepuk tangan. Mereka saling memberi kode tentang harga yang ditawarkan dan diterima. Setelah harga sudah disetujui, keju akan dibawa oleh sekelompok pria bertopi untuk ditimbang di stasiun penimbangan. Mereka ditemani oleh seorang supervisor yang membawa tongkat hitam. Uniknya penonton dapat mencoba untuk menimbang berat badannya bersama keju.

www.bdcornerstore.wordpress.com

www.bdcornerstore.wordpress.com

Para penonton tidak bisa terlibat langsung dalam atraksi tersebut, tetapi kita bisa membeli dari wanita yang juga mengenakan pakaian tradisional. Mereka biasanya menghampiri audiens dan menawarkan sekantung keju berusia 1 bulan dan 10 bulan dimana harga per kilogramnya adalah €10.

Kaasmarkt Alkmar digelar dari hari Jumat pertama di bulan April hingga Jumat pertama bulan September, mulai pukul 10.00 – 12.30. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menggunakan kereta dari kota-kota seperti Amsterdam, Helder, Hoorn, atau Haarlem menuju Stasiun Alkmaar. Kemudian lanjutkan dengan 15 menit berjalan kaki menuju Waagplein.

Selama berlibur Anda dapat menginap di Hotel Stad en Land, Zorghotel de Palatijn, atau Familie Hotel Alkmaar. Sebelum membeli keju, kenali keju Belanda lebih dalam dan tak lupa mengunjungi destinasi menarik seperti Clingendael dan Domtoren Utrecht.

Lokasi Waagplein

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pasar keju tradisional belanda /alkmaar
  • foto2 kota alkmaar
  • alkmaar sejarah
  • kota alkmaar belanda
  • kota alkmar belanda
  • menonton atraksi kereta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,