www.refdag.nl

www.refdag.nl

Den Haag bukanlah ibu kota Belanda, namun kota ini memegang peranan penting sebagai pusat pemerintahan. Tak jauh dari stasiun utama Den Haag, pelancong sudah bisa melangkahkan kaki ke salah satu landmark kota parlemen, yaitu Het Binnenhof. Pengunjung akan dibuat terpesona oleh serangkaian bangunan tua abad pertengahan.

www.wikitravel.org

www.wikitravel.org

Het Binnenhof adalah komplek bangunan parlemen di pusat kota Den Haag. Meski kini jantung politik Belanda menempati gedung yang lebih modern di sisi selatan kota, tetapi inner court –arti dari Binnenhof– lebih dulu menjadi pusat pemerintahan sejak tahun 1446. Danau Hofvijver yang terletak tepat di depan Binnenhof menambah kecantikan komplek pemerintahan ini. Perkara politik dan masalah-masalah masih kerap didiskusikan di sana hingga saat ini.

Halaman tengah yang dulu digunakan sebagai tempat eksekusi nampak sepi kini. Di sekelilingnya berdiri bangunan-bangunan tua monumental yang menjadi saksi pemerintahan selama delapan abad. Gedung-gedung yang terdapat di sana, antara lain het torenje atau little tower yang menjadi kantor perdana mentri sejak tahun 1982. Pembangunan di Binnenhof diawali oleh Count Floris IV dari Holland yang mendirikan sebuah bangunan besar pada tahun 1229. Setelah itu dibangun gedung-gedung lainnya mengitari sebuah halaman. Salah satu yang terkenal adalah Ridderzaal atau Aula Ksatria. Bangunan abad 13 itu cukup besar dengan ukuran 40 x 20 meter. Berdiri dengan gaya gothic yang megah, dihiasi kaca patri yang menggambarkan lambang-lambang kota Belanda. Atapnya terbuat dari kayu tebal dengan balok sepanjang 18 meter layaknya kapal yang terbalik. Kepala kayunya

www.haagschebluf.com

www.haagschebluf.com

melambangkan alat penyadap dari penguasa dan diharapkan dapat mencegah anggota majelis berbohong.  Setiap tahunnya kepala negara Belanda akan berpidato di Ridderzaal, di hadapan anggota parlemen, mengenai rencana pemerintah ke depan. Acara tersebut dikenal dengan nama Prinsjesdag. Di Binnenhof pula para anggota DPR bertemu, perdana menteri bekerja, dan menteri-menteri menggelar diskusi mingguan.

Kunjungan ke setiap gedung di Binnenhof hanya dapat dilakukan jika didampingi pemandu. ProDemos adalah organisasi resmi yang diberi mandat untuk menggiring para pengunjung melalui lorong-lorong gedung pemerintahan. Binnenhof dibuka untuk umum setiap Senin hingga Sabtu, pukul 10.00 – 16.00.

Selama berlibur di Den Haag Anda dapat menginap di Hotel Excelsior, The Hague Apartments, atau Hotel Des Indes The Hague. Tempat lain yang juga menarik untuk dikunjungi antara lain, Museum Gevangenport, Jachthuis Sint Hubertus, dan ikut tur gratis kota Utrecht,

Lokasi Het Binnenhof

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 14 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • gedung parlemen denhaag binnenhof
  • binnenhof belanda
  • het binnenhof adalah
  • komplek binnenhof belanda
  • menikmati suasana abad pertengahan
  • sejarah binnenhof amsterdam
  • suasana abad eropa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,