www.nl.wikipedia.org

www.nl.wikipedia.org

Masih banyak masyarakat yang kurang peka atau bahkan salah kaprah tentang masalah kejiwaan. Belanda menghadirkan museum unik di Haarlem yang dapat memberi pencerahan akan semua itu. Het Dolhuys akan menjawab batasan antara normal dan gila.

www.ilonalaurijsse.nl

www.ilonalaurijsse.nl

Het Dolhuys baru berdiri pada tahun 2005 tepat di belakang stasiun kereta utama Haarlem. Museum ini menempati bangunan abad 14 yang dulu dikenal dengan nama Sint Jakobskapel. Tempat tersebut merupakan rumah perawatan khusus bagi pasein yang menderita kusta. Namun seiring berkurangnya kasus penyakit kusta, rumah sakit itu kemudian digabungkan dengan karantina kejiwaan di abad 17. Itulah awal tempat itu terkait dengan psikiatri.

Tujuan pendirian museum ini adalah untuk mengedukasi pengunjung tentang kesalahpahaman mengenai penyakit jiwa. Dolhuys juga berperan sebagai pusat penelitian psikiatri internasional. Menariknya konsep museum adalah memposisikan wisatawan sebagai dokter, misalnya kita dapat mendengarkan riwayat pasien yang direkam dan mendengarkannya melalui stetoskop. Artefak yang dipamerkan di Dolhuys umumnya berasal dari tujuh rumah sakit jiwa, yaitu GGZ Noord-HollandNoord, Mentrum, De Meren, Buitenamstel, GGZ Dijk en Duin, De Geestgronden, dan Rivierduinen. Di museum interaktif ini pengunjung dirangsang untuk memikirkan apa yang kontras antara waras dan gila, pengunjung dan pasien yang dikarantina, serta pengamat dan orang yang diamati. Dolhuys memamerkan pula barang-barang pribadi dari beberapa pasien jiwa terkenal, metode pengobatan kuno, serta alat-alat yang biasa digunakan di rumah sakit jiwa. Pameran temporernya kerap mengangkat tentang seni kejiwaan, beberapa orang sempat diangkat sebagai objek pameran termasuk sang pelukis jenius Vincent

www.fredgonn.wordpress.com

www.fredgonn.wordpress.com

van Gogh. Pelukis hebat asli Belanda ini memang dikenal memiliki masalah kejiwaan, ia bahkan sempat menjadi pasien rumah sakit jiwa di Perancis. Di perpustakaan Anda bisa menemukan lebih dari 7.000 arsip dan belajar lebih lanjut melalui 750 media film yang tersedia. Dolhuys juga menceritakan sejarah panjang Belanda dalam menangani kasus kejiwaan.

Het Dolhuys buka pukul 10.00 – 17.00 setiap hari Selasa hingga Jumat, sedangkan pada hari Sabtu hingga Minggu mereka beroperasi pukul 12.00 – 17.00. Harga retribusi masuknya sebesar €8,50. Letak museum yang berada di belakang Stasiun Haarlem memudahkan Anda yang datang dari luar kota, karena hanya tinggal berjalan kaki sejauh 600 meter melalui Kennemerbrug. Tetapi bisa juga naik bus 3 tujuan Ijmuiden dan berhenti di Frans Halsplein.

Selama di Haarlem Anda dapat menginap di Golden Tulip Lion D’Or Hotel, Amadeus Hotel, atau Hotel Carillon. Destinasi menarik lainnya adalah Frans Hals Museum, Bevrijdingspop, dan sempatkan untuk mencicipi lezatnya bossche bollen.

Lokasi Het Dolhuys

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Alam kejiwan
  • rumah sakit jiwa kuno di eropa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,