Foto: www.wallpaperswide.com

Foto: www.wallpaperswide.com

Liburan di Belanda berarti memiliki kesempatan untuk naik ke menara tertinggi negara tetangga Belgia tersebut. Domtoren adalah church tower paling tinggi yang juga menjadi landmark kota Utrecht. Jika berhasil mendaki hingga titik tertingginya, pengunjung tak hanya bisa menikmati lanskap menawan kota yang pernah memiliki 40 katedral itu, tapi juga ibu kota Amsterdam.

Foto: www.panoramio.com

Foto: www.panoramio.com

Domtoren selesai dibangun pada abad 14, tepatnya sekitar tahun 1321 – 1382. Pada saat itu menara gotik Utrecht merupakan salah satu konstruksi terbesar di Eropa. Bangunan yang memiliki tinggi 112 meter ini merupakan bagian dari Katedral St. Martin. Pembangunan katedralnya sendiri dimulai tahun 1254 dan terhenti pada tahun 1517 akibat kekurangan dana. Bangunan utama dari St. Martin yang tak selesai itu pun tersapu tornado yang bergerak dari Laut Utara pada tahun 1674. Sejak saat itu landmark Utrecht berdiri sendiri dan terpisah dari sisa bangunan katedral. Domplein square kini menjadi pemisah dua bangunan itu.

Sejak 1972 hingga saat ini menara Dom memiliki 50 lonceng. Kelima puluh lonceng tersebut dimainkan secara manual oleh carilloneur –sebutan untuk pemain lonceng– setiap hari Sabtu pukul 11 siang. Pada bulan April hingga November ia juga bermain pada hari Jumat. Salvator adalah bel terbesar yang dimiliki Domtoren dengan diameter 227 cm dan berat mencapai 8 ton lebih. Sebagai tambahan menara St. Martin itu juga memainkan alunan melodi merdu dari lonceng mekanik setiap lima belas menit dan selalu berubah sebanyak empat kali dalam setahun. Uniknya setiap hari Senin malam sepanjang musim panas selalu digelar konser carillon tradisional.

Memanjat Domtoren adalah kesempatan emas untuk mengeksplor kota Utrecht melalui cara yang unik. Tetapi Anda harus menyiapkan fisik menaiki 465 anak tangga, tanpa lift, hingga ke viewpoint pada ketinggian 95 meter. Dari sana wisatawan dapat menikmati panorama tanpa batas dari kota dan Provinsi

Foto: www.bezoek-utrecht.nl

Foto: www.bezoek-utrecht.nl

Utrecht. Bahkan jika cuaca sedang cerah kita bisa melihat kota Amsterdam. Pendakian ini hanya dapat dilakukan dengan didampingi seorang pemandu.

Tiket masuk menara gotik seharga €9 dan dapat dibeli di Pusat Informasi Wisatawan (VVV) yang terletak di Domplein. Sangat disarankan Anda mereservasi tiket terlebih dahulu via telepon 031 030 236 00 10. Memanjat Domtoren dapat dilakukan pada hari Senin, Selasa, Jumat, Sabtu, dan Minggu, yaitu pukul 12.00 – 16.00.

Meski Domtower hanya berjarak 15 menit dari Stasiun Kereta Utrecht, wisatwan juga dapat menggunakan bus jalur 2 menuju Domplein. Selama berlibur Anda dapat menginap di Sandton Malie Hotel, Van Dijk Apartments, atau Beurshotel. Destinasi menarik lainnya adalah Galgenwaard, Kinderdijk, dan Efteling.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Mei 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • katedral st Martin Utrecht
  • menara di utrecht
  • photo shopping di negeri kincir angin

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,