www.plus.google.com

www.plus.google.com

Selain pelabuhan, ikon lain dari kota industri Rotterdam adalah Erasmusbrug. Kita dapat melihat jembatan ini laris manis menjadi model kartu pos maupun promosi wisata kota terbesar kedua di Belanda. Sehingga rasanya tak lengkap jika tidak melihat langsung kecantikannya ketika bertandang ke Rotterdam.

www.wilcozpics.wordpress.com

www.wilcozpics.wordpress.com

Erasmusbrug adalah jembatan gantung yang menghubungkan tepi utara dan selatan dari Sungai Nieuwe Maas. Jembatan paling berat di Eropa Barat tersebut dirancang oleh Ben van Berkel dan menghabiskan dana sebsar 163 euro. Pembangunannya rampung pada tahun 1996 dan kemudian diresmikan oleh Ratu Beatrix. Tak lama setelah dibuka untuk lalu lintas, jembatan terasa bergoyang apabila diterjang angin yang sangat kencang. Sehingga untuk menguranginya ditambahkan peredam goncangan.

Erasmusbrug terentang sepanjang 802 meter dengan tiang berdiri setinggi 139 meter. Pada tiang asimetris tersebut terpasang 32 kabel, dimana 8 diantaranya berperan menjaga keseimbangan jembatan. Ikon Rotterdam ini terbagi atas dua trotoar, dua jalur sepeda, dua jalur mobil, dan beberapa rel trem. Anda dapat menemukan bar, toko, restoran, dan parkir bawah tanah di bawah deknya. Bagian selatan jembatan yang memiliki panjang 89 meter bisa diangkat untuk memungkinkan kapal-kapal besar tetap berlayar.

Erasmusbrug memang terlihat sangat anggun, terutama ketika malam hari saat lampu-lampu menghiasinya. Saking anggunnya, Rotterdamers –sebutan warga Rotterdam– menjuluki penghubung utara dan selatan Sungai Nieuwe Maas ini sebagai the swan atau sang angsa. Sejak awal pembukaannya mahakarya Ben van Berkel itu langsung menjadi landmark penting sang kota pelabuhan. Ia juga mencuri perhatian dunia. Tak heran jika tahun 1998 pembuat film “Who am I?” yang dibintangi aktor asal Hongkong, Jackie Chan, melakukan rekam adegan di sana. Di tahun 2005 terdapat atraksi dari acara “Red Bull Air Race” dimana beberapa pesawat terbang di bawah Erasmusbrug. Kemudian

www.commons.wikimedia.org

www.commons.wikimedia.org

DJ Tiesto memanfaatkan keindahan jembatan Rotterdam tersebut sebagai backdrop pertunjukannya. Penampilannya dilengkapi dengan pertunjukan kapal pemadam kebakaran yang menyemburkan air ke udara tepat di depan Erasmusbrug, kembang api yang dilepaskan kapal tongkang, serta permainan cahaya. Rombongan atlet sepeda juga menyeberangi jembatan dalam rangka pembukaan ‘Tour de France’ tahun 2010.

Apabila ingin menikmati keindahan Jembatan Erasmus dari dekat pengunjung bisa naik metro D atau E menuju Wilhelminaplein. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan trem 12, 20, 23, atau 25. Setelah puas mengabadikan momen di ikon kota Rotterdam, kita dapat mengunjungi tempat menarik lain. Seperti De Kuip, museum seni Boijmans van Beuningen, dan mengganjal perut dengan sepotong ikan herring lezat. Sebagai tempat istirahat Anda dapat memilih Tulip Inn Hotel, Regardz Airport Hotel Rotterdam, atau Hotel Turkuaz.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Mei 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • daya tarik domtoren
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta
  • kapal pesiar roterdam
  • kapal amsterdam-rotterdam
  • jembatan erasmusbrug
  • Erasmusburg belanda
  • erasmusbrug models
  • erasmusbrug belanda
  • eramusburg belanda
  • stadion mini mewah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,