www.commons.wikimedia.org

www.commons.wikimedia.org

Sebagian besar koleksi lukisan abad 17 dan 18 milik kerajaan Belanda disimpan rapi di Mauritshuis. Galeri seni yang berlokasi di Den Haag itu sangat terkenal dan menjadi salah satu magnet wisata kota pemerintahan. Galeri lukisan Kerajaan Belanda ini menjadi rumah dari mahakarya pelukis era keemasan negeri kincir angin.

www.theguardian.com

www.theguardian.com

Selama 200 tahun, yaitu sepanjang tahun 1822 hingga saat ini, koleksi seni milik kerajaan di Mauritshuis sudah bertambah dari 200 menjadi 800 lukisan. Lukisan-lukisan tersebut merupakan karya terbaik dari para pelukis besar Belanda, seperti Vermeer, Rembrandt, Jan Steen, dan Fransz Hals. Galeri Mauritshuis berada di pusat kota Den Haag, tak jauh dari Het Binnenhof, dan menempati salah satu bangunan klasik terbaik Belanda.

Nama Mauritshuis diambil dari nama pemilik gedung, yaitu Johan Maurits Of Nassau-Siegen. Ia menjabat sebagai gubernur koloni di Brazil tahun 1639 – 1844. Selama masa jabatannya itu, Johan Maurits membangun Mauritshaus dengan bantuan arsitek terbaik kala itu Jacob van Campen dan Pieter Post. Tahun 1820 pemerintah negara membeli rumah tersebut guna menyimpan lukisan milik mereka. Dua tahun kemudian Mauritshuis dibuka kepada publik sebagai museum.

www.ktar.com

www.ktar.com

Koleksi lukisan tertua di Mauritshuis merupakan milik Pangeran Willem V Batavus van Oranje. Lukisan-lukisan tersebut diserahkan pada negara oleh anaknya, yaitu Raja Willem I tahun 1815. Salah satu koleksi unik Mauritshuis yang sebagian besar diketahui sebagai era keemasan seni lukis Belanda adalah Girl with a Pearl Earing. Mahakarya Johannes Vermeer itu merupakan bintang utama dari galeri lukisan kerajaan dan dikenal sebagai Mona Lisa-nya Belanda. Namun selain itu masih terdapat beragam lukisan menarik lainnya yang bisa dilihat, seperti The Bull karya Paulus Potter, Portraits milik Fransz Hals, The Garden of Eden, with the Fall of Men yang dibuat oleh Jan Brueghel dan Peter Paul Rubens, serta The Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp dari Rembrandt. Tak ketinggalan lukisan abad 15 hingga 18 beraliran flemish. Dimulai dari flemish-primitive art, lukisan lanskap yang terang, gambar tokoh dari Alkitab, interior ruangan, hingga guratan bertema humor.

Untuk masuk ke Mauritshuis Anda harus membeli tiket seharga €14. Galeri lukisan ini buka setiap hari pukul 10.00 – 18.00. Khusus untuk galeri Pangeran Willem V beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 12.00 – 17.00. Transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai tempat ini adalah trem 16 atau 17 menuju Buitenhof.

Selama berlibur Anda dapat menginap di Hotel Des Indes The Hague, Hotel Excelsior, atau Hotel Sedes. Destinasi menarik lainnya adalah Hap-Hmm, Scheveningen, dan Nationaal Park De Hoge Veluwe.

Peta Mauritshuis

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • lukisan monalisa belanda
  • galeri lukisan belanda
  • galeri kerajaan
  • lukisan milik kerajaan
  • lukisan monalisa belanda berserta
  • lukisan regol kerajaan
  • lukisan terbaik dari belanda
  • lukisan tokoh belanda
  • pangeran eropa abad 17
  • pelukis belanda jan steen

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,