www.papa-chico.be

www.papa-chico.be

Pancake biasanya berbentuk bulat dan tebal layaknya cake pada umumnya. Kemudian pancake tersebut diberi toping seperti buah-buahan, sirup, ataupun es krim yang disantap sebagai sarapan atau dessert. Meski sedikit berbeda, pancake Belanda tak kalah lezat dan menjadi makanan wajib saat liburan di Amsterdam.

www.forum.dutchbodybuilding.com

www.forum.dutchbodybuilding.com

Belanda, seperti Belgia, termasuk salah satu negara barat yang kental dengan tradisi pancake. Kue berbahan dasar terigu dan telur kemudian digoreng di atas wajan berbentuk bulat. Menurut The Oxford Companion to Food, panganan yang dalam bahasa Belanda disebut pannekoek atau pannenkoeken itu, adalah sajian wajib pada perayaan pra-Paskah. Pancake dan pannekoek ini serupa tapi tak sama. Kue wajan ala Belanda memiliki diameter lebih besar dan jauh lebih tipis. Pannekoek hampir mirip crepé Perancis namun sedikit lebih tebal. Makanan ini selalu disajikan saat ulang tahun anak-anak. Bahan dasarnya adalah terigu, telur, garam, dan susu. Orang tua Belanda dulu kerap menambahkan tepung biji buckwheat ke dalam adonan pannekoek dan menggunakan kolostrum daripada susu biasa. Kolostrum adalah susu yang dihasilkan pada tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah melahirkan. Bentuk bulat yang dihasilkan pannekoek cenderung tidak bulat sempurna seperti pancake Amerika, tetapi bergelombang pada sisinya.

www.sjkitchen.nl

www.sjkitchen.nl

Selain acara-acara tertentu sepert perayaan pra-paskah dan ulang tahun anak-anak, pannekoek biasa dimakan sebagai santap siang atau malam. Makanan ini bisa dikombinasi dengan toping manis maupun asin. Buah-buahan yang paling sering menjadi topingnya adalah apel atau pisang. Namun the dutch juga menggemari makan kue wajan itu dengan cokelat, sirup,madu, appelstroop, selai kacang, sayuran, bacon, dan keju. Pannekoek juga lezat disantap hanya dengan taburan gula, kemudian digulung, dan dimakan langsung menggunakan tangan. Jika Anda jalan-jalan ke restoran, khususnya restoran pancake, akan terdapat lebih banyak variasi, kombinasi lebih dari satu rasa.

Di Amsterdam sendiri, restoran pannekoek paling terkenal tak lain adalah Pancakes! Amsterdam di Jalan Berenstraat 38. Rumah pancake yang satu ini selalu ramai dan mayoritas turis pun datang ke sana. Tempat tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.00 dan dapat dicapai menggunakan trem 9 atau 16 menuju Spui Rookin. Dari sana jaraknya 10 menit berjalan kaki. Alternatif lain adalah naik trem 17 hingga Westermarkt, kemudian dilanjutkan 5 menit berjalan kaki.

Tetapi jika ingin mencoba pannekoek yang lebih di sukai penduduk lokal, sebaiknya Anda singgah di Upstairs Pannenkoeken Huis di Grimburgwal. Tempat ini bisa dicapai dengan trem 4, 9, 16, atau 24 menuju Spui Rokin.

Selama di Amsterdam Anda dapat menginap di Artemis Hotel, Citizenm Hotel Amsterdam City, atau B Anda B Lieve Nachten. Setelah pannekoek mungkin Anda juga berminat mencicipi poffertjes atau krentenbol, sebelum melanjutkan wisata ke Rijksmuseum dan De Nieuwe Anita.

Peta Pancakes! Amsterdam

Upstais Pannenkoeken Huis

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pancake belanda
  • pancake dari belanda
  • bersepeda di eropa
  • www pancake belanda
  • makanan pancake Belanda
  • roti eropa gambar
  • roti belanda seperti pancake
  • pengendara sepeda di belanda
  • pannekoek
  • panecoek belanda

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,