www.uk.museum-haarlem.nl

www.uk.museum-haarlem.nl

Haarlem, kota sejarah yang indah dan hanya berjarak 20 km di sebelah barat Amsterdam. Si cantik di tepi Sungai Spaarne ini menyimpan salah satu potongan kisah terbaik dari Perang Dunia II, yaitu Museum Corrie Ten Boom.

www.fcit.usf.edu

www.fcit.usf.edu

Sepulangnya dari Kamp Konsentrasi Ravensbruck di dekat Berlin, Jerman, Corrie menuangkan kisahnya dalam buku The Hiding Place dan kemudian berdasarkan buku tersebut, berdirilah Corrie Ten Boom Museum di Barteljorisstraat 19, Haarlem. Museum tersebut dulunya adalah rumah keluarga Ten Boom yang diwariskan turun temurun beserta usaha toko jam mereka. Terakhir yang tinggal di sana adalah Corrie bersama Ayahnya, Casper, serta ketiga kakaknya, Betsi, Nollie, dan Willem. Mereka adalah keluarga Kristen yang taat dan memiliki banyak koneksi karena aktif di gereja. Sepanjang tahun 1943 – 1944 setelah Nazi menduduki Haarlem, Keluarga Ten Boom kerap menolong buronan Nazi untuk melarikan diri. Sekitar 6 – 7 orang buruan Nazi bersembunyi di rumah mereka hingga Ten Boom mendapatkan tempat aman yang baru bagi para pengungsinya. Keluarga Corrie percaya, aksi bahaya mereka itu merupakan pengabdian terhadap agama yang mengajarkan untuk menolong sesama. Keluarga pembuat jam itu cukup sukses dengan berhasil menyelamatkan tak kurang dari 800 orang yang tak hanya Yahudi, tetapi juga pemberontak Belanda. Namun akhirnya aksi Ten Boom bocor juga dan Gestapo meringkus serta mengirim mereka ke penjara.

Museum Corrie Ten Boom ini salah satu destinasi terbaik di Haarlem. Bangunannya tak begitu besar. Lantai bawah merupakan toko jam Ten Boom dan diatasnya adalah tempat tinggal mereka. Keluarga ini membuat sebuah panic

www.uk.museum-haarlem.nl

www.uk.museum-haarlem.nl

room sempit di balik dinding kamar Corrie. Ruangan tersebut digunakan menyembunyikan 6 buronan Nazi ketika Gestapo datang untuk menangkap Casper dan anak-anaknya. Beberapa foto dan barang-barang dari zaman perang dipajang di museum tersebut.

Pengunjung yang datang akan dipandu menelusuri setiap sudut rumah. Tur ini tersedia setiap hari Selasa hingga Sabtu, pukul 10.00 – 15.00 sepanjang 1 April – 31 Oktober. Kemudian 1 November hingga 31 Maret, tur dimulai pukul 11.00 – 15.00. Tak ada tarif khusus untuk wisata ini, hanya pihak pengelola akan sangat menghargai setiap donasi yang diberikan. Informasi lengkap mengenai ketentuan tur dapat dilihat langsung di website resmi.

Apabila dari Amsterdam maka dapat menggunakan kereta atau bus menuju Haarlem. Museum Ten Boom jaraknya hanya 10 – 15 menit jalan kaki dari Stasiun Haarlem ke arah Kruisweg.

Selama di Haarlem Anda dapat beristirahat di Carlton Square Hotel, Van der Valk Haarlem Hotel Zuid, atau Stayokay Haarlem Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah Anne Frank House, Coffeeshop Amsterdam, dan Museum de Gevangenpoort.

Lokasi Ten Boom Museum

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kisah corrie ten boom
  • cerita heroik perang dunia 2
  • boom author from belanda
  • ceritakan tentang corrie van boom
  • cerita tentang corrie ten boom
  • kisah heroik perang dunia
  • kisah heroik perang dunia ke 2
  • Biografi foto kisah hidup corrie ten boom
  • kisah hidup corrie ten boom
  • perut lapar belanda

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,