www.archdaily.com

www.archdaily.com

Sebuah bangunan bersejarah s’Lands Zeemagazijn selama berpuluh tahun digunakan sebagai kantor angkatan laut Belanda. Gedung besar berusia lebih dari 3 abad itu kemudian sepenuhnya digunakan sebagai Museum Maritim (Scheepvaart Museum). Kekayaan sejarah serta bangunan megah, tak diragukan lagi Scheepvaart Museum adalah salah satu museum maritim terbaik di dunia.

www.greatervenues.com

www.greatervenues.com

Rumah dari Museum Maritim di Amsterdam ini dibangun pada tahun 1656 oleh Daniël Stalpaert. Untuk membangunnya di pulau buatan di Pelabuhan Amsterdam pada masa itu, dibutuhkan 1800 tiang kayu yang dibenamkan ke dasar lumpur untuk menopang bangunan. Sejak awal gedung tersebut sudah disebut-sebut sebagai mahakarya arsitektur. Saat ini setelah direnovasi, kemegahan itu semakin nampak. Sebuah inner courtyard luas memiliki atap kaca transparan berbentuk kubah. Saat malam ratusan lampu LED menghiasi atap sehingga menimbulkan kesan seperti bintang-bintang di langit. Lebi dari dua puluh ruangan digunakan sebagai tempat pameran artefak, dokumen, lukisan, serta perpustakaan. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menelusuri seluruh sektornya. Scheepvaart Museum ini tercatat memiliki perpustakaan maritim dengan volume 60.000. Kita dapat melihat peta-peta penjelajahan ke “pulau rempah-rempah”, menyimak sejarah VOC, alat-alat navigasi kapal, miniatur kapal, dan masih banyak lainnya. Setiap benda diberikan papan keterangan dalam bahasa Belanda dan Inggris.

www.anotherbagmoretravel.wordpress.com

www.anotherbagmoretravel.wordpress.com

Objek paling menarik perhatian adalah  perahu layar besar milik VOC yang terparkir di dermaga Teluk IJ, di dekat Maritim Museum Amsterdam. Kapal tersebut merupakan replika dari kapal kargo VOC yang berlayar dari Texel menuju Batavia pada 8 Januari 1749. Namun transportasi laut itu karam di Selat Inggris pada 26 Januari 1749 akibat dihantam badai besar. Puing-puingnya ditemukan di Teluk Bulverhythe, Inggris, tahun 1969. Sekelompok relawan akhirnya membangun replikanya di dekat Museum Maritim. Pengunjung dapat memasuki kapal tersebut dan menjelajahi ruang-ruang yang ada di dalamnya. Fitur ini sangatlah menarik terutama bagi anak-anak karena mereka dapat memulai imajinasi sebagai pelaut atau bajak laut di sana.

Waktu operasional: 09.00 – 17.00 (Setiap hari)

Tiket: €15

Alamat: Kattenburgerplein 1, 1018 KK Amsterdam

Transportasi: bus 22 (Kattenburgerplein) atau bus 48, 246, 359 (Kattenburgerstraat)

Peta lokasi

Selama berlibur di Amsterdam kita dapat menginap di Botel Hotel, Amstel Botel Hotel, atau City Center Apartments Jolanda. Destinasi menarik lainnya adalah 3 tempat menikmati pannkoek di Amsterdam, 3 destinasi cantik di dekat Amsterdam, dan Dam Square.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • 1749 amsterdam kapal
  • replika kapal voc di amsterdam
  • replika kapal VOC BELANDA
  • museum batavia di amsterdam
  • miniatur perahu layar belanda
  • miniatur kapal voc
  • lokasi museum perkapalan di amsterdam
  • kapal voc mewah HD
  • kapal voc ditemukan
  • kapal voc

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,